Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 Topik Merdeka Belajar

Tri Khidayanti -

Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 Mendampingi murid dengan Utuh dan Menyeluruh

Kodrat Murid

1.      Dasar pendidikan yang berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” dimana murid berada disebut...

A.    Trikon

B.     Kodrat Keadaan

C.    Kodrat Alam

D.    Kodrat zaman

2.      Kodrat Keadaan merupakan...

A.    Bagian terpenting dari saat mengajar

B.     Bagian yang harus disadari oleh guru

C.    Bagian yang tidak terpisahkan dari dasar pendidikan murid

D.    Bagian yang terpisah dari pembelajaran

3.      Melalui pembelajaran di tiktok, menurut bapak/ibu, kompetensi abad 21 apasaja yang bisa diasah?

A.    Berpikir kritis

B.     Kreatif dan Inovatif

C.     Komunikasi

D.    Kolaborasi

E.     Semua Benar

 

Cerita Reflektif :

Dengan kemajuan teknologi saat ini, media apa yang akan anda gunakan  untuk mengasah keterampilan abad 21 murid anda?

Jawaban :

Anda bisa menjawab berbagai media sosial yang kini ada

 

Trikon

1.      Pembelajaran murid sebaiknya berkesinambungan dari waktu ke waktu. Dalam asas Trikon, pernyataan tersebut merupakan asas?

A.    Konsentris

B.     Konvergen

C.    Kontinuitas

D.    Kenvergenitas

 

Cerita Reflektif :

Proses pembelajaran seperti apa yang ingin anda perbaiki dengan menggunakan asas Trikon?

Jawaban :

Jawab sesuai diri anda

 

Kunci Post Test Modul 3

1.      Berikut adalah manfaat pembelajar sepanjang hayat yang dapat dimiliki, kecuali...

A.    Mengoptimalisasi potensi diri

B.     Meningkatkan kualitas hidup secara berkesinambungan

C.    Hidup dengan minimalis dan secukupnya

D.    Menghadapi tantangan dengan masa depan da mengubahnya menjadi peluang

 

2.      Kebudayaan menuju satu arah kesatuan kebudayaan dunia(kemanusian) merupakan penjelasan dari...

A.    Kontinuitas

B.     Konvensi

C.    Konvergen

D.    Konsentris

 

 

3.      Murid sebagai individu yang unik sejatinya mendapatkan tuntunan yang sesuai dengan...

A.    Minat dan potensinya

B.     Tuntutan masa depan

C.     Terget belajar di sekolah

D.    Kebutuhan lingkungan

 

4.      Menurut Ki Hajar Dewantara kodrat keadaan terdiri dari...

A.    Kodrat alam dan kodrat zaman

B.     Kodrat alam dan kodrat dunia

C.     Kodrat zaman dan kodrat dunia

D.    Kodrat dunia dan kodra akhirat

 

5.      Saat ini guru bukan lagi sebagai satu-satunya sumber belajar murid. Lalu apa yang dapat guru lakukan...

A.    Guru dapat berperan sebagai sumber instruksi pemebelajaran mandiri

B.     Guru dapat berperan sebagai pengawas proses belajar sekolah

C.    Guru dapat berperan sebagai penghubung murid dengan sumber belajar di sekitar murid

D.    Guru dapat berperan menciptakan tujuan belajar murid untuk mencerdaskan bangsa

 

6.      Salah satu prinsip dalam melakukan perubahan berkaitan dengan kemjuan kebudayaan yang dilakukan secara berkesinambungan dan terus menerus. Prinsip tersebut adalah... ...

A.    Kontinyu

B.     Konvensi

C.     Konvergen

D.    Konsentris

 

 

7.      Berikut merupakan kemampuan yang harus dimiliki pendidik terkait potensi yang ada pada setiap murid ...

A.    Kepekan dalam mengidentifikasi potensi yang ada pada setiap urid

B.     Kepekaan dalam menentukan potensi untuk setiap murid

C.     Menemukan dan menggali potensi kesenian yang ada pada setiap murid

D.    Semangat dalam mengitervensi minat yang ada pada setiap murid

 

8.      Apa saja yang sangat dibutuhkan  murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya?

A.    Pembelajaran kotekstual dan lingkungan yang mendukung

B.     Peran guru sebagai fasilitator dan lingkungan yang mendukung

C.    Peran guru sebagai fasilitator dan pembelajaran kontekstual

D.    Keterampilan hidup dan peran guru sebagai penghubung

 

 

9.      Selain peran guru sebagai penghubung, hal berikut juga dibutuhkan murid untuk membantu mereka menguatkan kekuatan-kekuatan kodratnya...

A.    Pembelajaran mandiri

B.     Pemebelajaran praktis

C.     Pembelajaran demokratis

D.    Pembelajaran kontekstual

 

 

10.  Berikut ini adalah contoh kegiatan yang tepat dalam merespon keunikan potensi yang ada dalam setiap murid...

A.    Melaukan ujan sumatif mata pelajaran Seni Budaya

B.     Memberikan ruang untuk mengembangkan keunikan potensi murid

C.     Menarankan murid untuk masuk penjurusan IPS

D.    Mengharuskan murid untuk bergabung kedalam ekskul teater

 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jawaban Latihan Pemahaman Modul 3 Topik Merdeka Belajar"

Post a Comment

Mari budayakan untuk berkomentar!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel