Jawaban Modul 1 dan Modul 2 Topik Merdeka Belajar
Ketika Bapak /Ibu membuka petatihan mandiri maka bapak ibu di arahkan ke aktivitas berupa video yang harus di putar. Sekiranya bapak ibu tidak memiliki waktu yang cukup, tips dari saya, Bapak/ Ibu bisa klik video tersebut hingga bejalan 1-3 detik kemudian Bapak/ Ibu bisa menutup video tersebut otomatis tanda centang hijau sudah Bapak/ Ibu miliki
Jawaban Latihan Pemahaman Modul 1 Mengenali & Memahami Diri Sebagai
Pendidik
Materi Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik
1. Sebelum
memerdekakan murid dalam belajarnya, berikut yang dapat dilakukan guru?
a. Meminta
murid belajar sendiri sesuai keinginannya
b. Tidak
merasa perlu meningkatkan kompetensinya
c. Memaknai dan menghayati diri sebagai manusia yang
merdeka untuk terus belajar
d. Mempercayakan
kepada murid proses belajar tanpa bimbingan
Cerita Reflektif :
Peran apa yang paling
dominan Anda lakukan kepada murid-murid Anda?
Jawab
: mengenali
karakteristik anak melalui komunikasi dengan murid
Materi
Apa Peran Saya Sebagai Guru
2. Sebagai guru, tindakan yang perlu dilakukan
adalah...
a. menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks
murid dan zaman
b. melanjutkan
peran guru sebagai pusat sumber pengetahuan
c. menghukum
murid jika melaakukan kesalahan
d. mengajari
murid berdasarkan pengalaman mengajar guru
Cerita Reflektif :
Menurut Anda, guru
seperti apa Anda di mata murid-murid Anda?
Jawab
sesuai diri anda
Materi
Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya
3. Berikut ini hal-hal yang dilakukan guru
untuk menginspirasi muridnya, kecuali:
a. bertutur
kata lembut kepada murid
b. mendengarkan
pendapat murid
c. mempermalukan di depan murid lain
d. memotivasi
untuk gemar dan senang belajar
Cerita Reflektif :
Jika Anda bisa kembali
ke masa di mana Anda menjadi murid di bangku sekolah, siapa guru yang ingin
Anda belajar dengannya?
Jawab
sesuai diri anda
Kunci Post Test Modul 1 Mengenali & Memahami Diri Sebagai Pendidik
1. Berikut adalah salah satu contoh penerapan belajar merdeka yang diterapkan
dalam pendidikan di sekolah:
A. Mengajari murid-murid materi tentang kebudayaan
B. Guru membuatkan peraturan yang harus dipatuhi di dalam kelas
C. Mempercayakan murid-murid untuk bekerja dengan mandiri
dan membimbingnya jika membutuhkan bantuan
D. Murid-murid harus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan belajar yang sudah
dibuatkan oleh guru di sekolah
2. Apa definisi manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara?
A. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri, namun perlu dibantu
oleh orang-orang di sekitarnya untuk menentukan keputusan.
B. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri
baik lahir maupun bantin, tidak tergantung dengan orang lain.
C. Manusia yang fokus dengan kekuatan yang dimiliki sehingga dapat menjalankan
kehidupannya dengan merdeka.
D. Manusia yang berdiri sendiri tanpa memperdulikan orang lain sehingga dapat
mengambil keputusan sesuai dengan hati dan pikirannya sendiri.
3. Pendidik sejatinya menuntun tumbuh kodrat pada anak agar dapat
memperbaiki....
A. Perilakunya x
B. Dasar hidupnya
C. Kekuatan kodratnya
D. Potensinya
4. Berikut ini langkah-langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang pendidik
untuk menuntun murid-murid menjadi manusia yang merdeka, kecuali ...
A. Memahami peran diri menjadi pendidik
B. Menambah kapasitas diri sebagai pendidik x
C. Membuat perencanaan kegiatan belajar
D. Adaptif, relevan dengan tujuan belajar murid-murid
5. Sebagai guru, apa saja pengalaman belajar yang perlu dimaknai oleh murid?
A. Pengetahuan, keterampilan dan wawasan keilmuan, serta
pendidikan karakter
B. Pengetahuan, pengalaman dan keterampilan dan sikap untuk terus belajar
C. Pengetahuan, keterampilan dan sikap untuk terus belajar, serta mendampingi
murid untuk bisa memahami dan mencapai tujuan belajarnya
D. Keterampilan, wawasan pengetahuan, dan mengajarkan mereka bersosialisasi
6. Untuk memberikan ilustrasi tentang pentingnya mendidik anak, Ki Hajar
Dewantara menyamakannya seperti...
A. Mendidik keluarga
B. Mendidik masyarakat
C. Mendidik teman belajar
D. Mendidik guru
7. Murid-murid kita saat ini adalah generasi digital native, fasih berselancar
di internet, mendapatkan pengetahuan bahkan mempelajari keterampilan sesuai
kebutuhan belajar mereka. Apa yang dimaksud generasi digital native?
A. Generasi yang tumbuh di era transisi digital
B. Generasi yang tumbuh sebelum perkembangan teknologi digital
C. Generasi yang lahir dan tumbuh di dalam era digital
D. Generasi yang menemukan teknologi digital
8. Dengan menjadi guru, apa yang kelak akan dibentuk dengan menjadikan
murid-murid sebagai bagian atau bahkan pemimpin masyarakat di masa depan?
A. Kesenian
B. Kebudayaan
C. Adat istiadat
D. Keterampilan
9. Untuk menjadi guru yang dapat menghadapi perubahan zaman yang dinamis,
keterampilan apa yang perlu dimiliki seorang guru?
A. Inovatif
B. Efektif
C. Adaptif
D. Reflektif
10. Jika seorang guru ingin muridnya menjadi manusia yang memiliki empati, maka
ia perlu melakukan hal-hal berikut ini, kecuali....
A. Memastikan muridnya selalu sukses dalam proses
belajarnya x
B. Memahami keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya
C. Membiasakan keberagaman sifat dan karakter murid-muridnya
D. Menempatkan dirinya sebagai rekan belajar setara sehingga timbul perasaan
saling, memahami, menghargai, dan membutuhkan.
Jawaban Latihan Pemahaman Modul 2 Mendidik dan Mengajar
Latihan pemahaman
Mendidik menyeluruh
1.
Definisi pendididkan menurut Ki Hajar Dewantara adalah?
a.
Tuntunan
dam hidup tumbuhnya murid. TUJUAN PEMBELAJARAN
b.
Tempat
menaburkan benih benih kebudayaan dalam masyarakat sekaligus sebagai instrumen
tumbuhnya unsur peradaban dan kebudayaan yang kita wariskan kepasa ank cucu
kita di masa depan
c.
Menuntut
segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan
kebahagiaan yang setinggi- tingginy, baik itu sebagai manusia mauun sebagai
anggota masyarakat
d.
Suatu
cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak-anak secara lahir maupun
batin
e.
Semua benar
Cerita Reflektif :
Ceritakan sosok guru yang
menumbuhkan kekuatan dan potensi anda sewaktu menjadi murid dulu:
jawab sesuai diri anda
Pendidikan
selama satu abad
2.
Manakah budaya pendidikan zaman kolonial yang sudah tidak
dipraktikkan di kelas
a.
Meminta
murid berdiri di depan kelas saat mereka lalai mengerjakan tugas
b.
Saat
belajar, murid duduk rapi menghadap ke depan kelas hening
c.
Melakukan
pemeringkatan murid berdasarkan nilai dari tes pengetahuan setiap mata
pelajaran
d.
Cara
pembuatan tugas dilakukan seragam, misalnya semua murid mengerjakan video,
melalui tulisan dsb
e.
Memukul murid karena tidak mengerjakan tugas
Cerita Reflektif:
Praktik kolonial apa yang pernah
anda lakukan selama menjadi guru:
Jawab sesuai diri anda
Menjadi manusia
(secara) utuh
3.
Pendidikan atau “tuntunan” seharusnya memberikan murid:
a.
Didikan
pengetahuan
b.
Didikan
‘lahir’
c.
Didikan
‘batin’
d.
Didikan
hidup
e.
Didikan ‘lahir’ dan ‘batin’
Cerita reflektif
Jika
kembali ke semester lalu dimana anda merasa belum optimal mengasah nalar,
kemampuan berpikir, dan mengembangkan kebutuhan batin murid anda, di materi apa
anda mau mengajar kembali dan memperbaiki dengan cara apa?
Jawab
sesuai diri anda
Kunci Jawaban post
tes modul 2 Mendidik dan Mengajar
1.
Berikut
terkait pernyataan yang sesuai terkait pemahaman terhadap kata
"pendidikan" dan “pengajaran” menurut ki hajar dewantara:
A.
Tuntunan
adalah salah satu bagian dari pengajaran
B.
Tuntunan
adalah salah satu bagian dari pendidikan
C.
Pengajaran adalah salah satu bagian dari pendidikan
D.
Pendidikan
adalah salah satu bagian dari tuntunan
2.
Pengembangan
budi pekerti (oalah rasa, karakter), pikiran (olah pikir) dan jasmani (olah
raga) murid mealui pendidikana tidak dapat dipisahkan, karena:
A.
Penting
untuk masa depan
B.
Membuat diri murid menjadi seimbang
C.
Akan
menuntun bagaimana cara hidup dan memelihara hidup murid
D.
Merupakan
pokok pembelajaran dalam pendidikan
3.
Dasar
utama yang dicita-citakan Ki Hajar dewantara untuk mencapai keluhuran manusia,
nusa dan bangsa adalah kemerdekaan setiap murid untuk mampu mengatur dirinya
sendiri agar seperti tersebut dibawah ini, kecuali
A.
Berpikir
merdeka dalam ketertiban bersama
B.
Berperasaan
C.
Dapat
bekerja berdasar kehendak
D.
Mengatur orang lain
4.
Menurut
Ki Hajar Dewantara, .... merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup
anak-anak secara lahir maupun batin.
A.
Menuntun
B.
Tuntunan
C.
Pendidikan
D.
Pengajaran
5.
Penanda
manusia merdeka menurut Ki Hajar Dewantara adalah berikut, kecuali...
A.
Berdaya
B.
Berbudi
pekerti
C.
Beriman
D.
Berkuasa
atas kehendak diri
6.
Sifat
pendidikan yang paling sesuai dengan bangsa kita menurut Ki Hajar Dewantara
adalah...
A.
Humanis,
Oportunis, Kerakyatan
B.
Humanis,
Kerakyatan dan Praktis
C.
Humanis, Kerakyatan, dan Kebangsaan
D.
Humanis,
Kebangsaan, dan Intelektualis
7.
Menurut
Ki Hajar Dewantara salah satu hasil dari “tuntunan” orang dewasa terhadap
kekuatan-kekuatan yang dimiliki murid adalah...
A.
Perubahan
dasar hidup dan tumbuh kembangnya
B.
Akal budi yang berkembang
C.
Kekuatan
murid yang semakin meningkat
D.
Arah
minat dan perubahan
8.
Menurut
Ki Hajar Dewantara sistem pendidikan barat mengedepankan rasio dan ilmu
pengetahuan tanpa adanya...
A.
Pendidikan
emosional da kecerdasan
B.
Olah
rasa dan pendidikan intelektual
C.
Pendidikan
intelektual dan emosional
D.
Pendidikan emosional dan olah rasa
9.
Berikut
ini adalah bentuk praktik pengajaran kecuali
A.
Guru
menyampaikan cara membuat puisi
B.
Guru mengamati minat murid terhadap puisi
C.
Murid
mempelajari ragam pisi yang disampaikan guru
D.
Guru
meminta murid membuat puisi sesuai teori yang diajarkan
10.
Ki
Hajar Dewantara mendefinisikan “Pendidikan” sebagai “Tuntunan” artinya...
A.
Tuntunan
guru untuk membimbing murid
B.
Tuntunan
dalam proses pembelajaran
C.
Tuntunan
murid untuk beradaptasi
D.
Tuntuna dalam hidup tumbuhnya murid sesuai dengan
kodratnya
11.
Apa defini
dari “mendidik” yang paling tepat menurut Ki Hajar Dewantara?
A.
Menuntun segala kodrat yang ada pada murid, agar mereka
dapat mencapai keselamata dan kebahagiaan yang setinggitingginya, baik itu
sebagai manusiamaupun anggota masyarakat
B.
Menuntun
kehidupan murid agar mereka mampu menghadapi perubahan lingkungan dan menjalin
hubungan sosial dan budaya yang ada di sekitarnya
C.
Mengajarkan
murid mengenai hal-hal yang belum dikeahui sehingga membuatnya menjadi lebih
yahu adar wawasan dan keterampilan yang dimiliki menjadi lebih baik
D.
Menetapkan
kebutuhan murid dengan melihat karakteristik setiap murid agar proses
pendidikannya dapat berjalan sengan lebih optimal
12.
Hanya fokus pada orientasi kognitif dalam
pembelajaran dapat menyebabkan...
A.
Murid
malas
B.
Perkembangan kecakapan emosi dan sosial murid terabaikan
C.
Murid
tertekan untuk sekolah
D.
Sistem
penialain tidak sesuai
0 Response to "Jawaban Modul 1 dan Modul 2 Topik Merdeka Belajar"
Post a Comment
Mari budayakan untuk berkomentar!!