JAWABAN SOAL EVALUASI MOOC 2024 SEBAGAI REFERENSI BELAJAR

Ini adalah jawaban Evaluasi  MOOC saya dan mendapat skor 92 monggo silahkan bisa sebagai  acuan mengerjakan . 
SELAMAT MENCOBA!

1.      Sesuai Permenpan dan RB 38 tahun 2017 tentang Standar Jabatan ASN, bahwa setiap ASN perlu memiliki tiga jenis kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya yaitu …

A.    Teknis, Kepemimpinan, dan Sosial Kultural

B.     Tugas, Manajerial, dan Sosial Kultural

C.     Teknis, Manajerial, dan Sosial Kultural

D.    Teknis, Leadership, dan Sosial Kultural

Jawaban C. Teknis, Manajerial, dan Sosial Kultural

2.      Pernyataan di bawah ini menggambarkan perilaku kompeten ASN untuk meningkatkan kompetensi diri yang relevan/tepat …

A.    Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan diutamakan untuk jabatan strategis di lingkungan ASN.

B.     Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah keniscayaan bagi setiap ASN

C.     Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan jika disyaratkan dalam tugas jabatannya.

D.    Semua salah 

Jawaban B Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah keniscayaan bagi setiap ASN

3.      Upaya melakukan kerja terbaik sebagai bagian perilaku kompeten ASN yang sesuai di bawah ini …

A.    Melakukan adaptasi terhadap pekerjaan merupakan keharusan

B.     Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan merupakan keharusan

C.     Melakukan adaptasi terhadap orang lain dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan

D.    Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan

Jawaban C. Melakukan adaptasi terhadap orang lain dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan

4.      Sebagai ASN membiasakan belajarlah hal-hal yang benar-benar baru, dan lakukan secara terus-menerus, dalam proses belajar yaitu …

A.    Learn

B.     Unlearn

C.     Relearn

D.    Self Study


Jawaban A. Learn


5.      Berikut pernyataan yang paling sesuai antara lain tentang ASN sebagai profesi …

A. ASN sebagai profesi selayaknya mengelola dan mengembangkan dirinya dan diharapkan mempertanggungjawabkan kinerjananya

B. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan mempertanggungjawabkan kinerjananya.

C.     ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengembangkan dan membina kinerja kolega kerjanya.

D.    ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan pegawai lainnya.


Jawaban B. ASN sebagai profesi memiliki kewajiban mengelola dan mengembangkan dirinya dan mempertanggungjawabkan kinerjananya.


6.      ASN Pembelajar yang relevan saat ini adalah …

A.    Pegawai yang memiliki kemampuan menerapkan kompetensinya ke situasi baru, di dunia yang selalu berubah dan kompleks.

B.     Pegawai yang selalu berubah sikap dan perilakunya

C.     Pegawai yang memiliki kemampuan yang sesuai

D.    Semua benar

Jawaban A. Pegawai yang memiliki kemampuan menerapkan kompetensinya ke situasi baru, di dunia yang selalu berubah dan kompleks.


7.      Lagu yang paling tepat menggambarkan keanekaragaman bangsa dan budaya Indonesia berikut ini adalah …

A.    Kebyar Kebyar

B.     Bendera Merah Putih

C.     Garuda Pancasila

D.    Dari Sabang sampai Merauke


Jawaban D. Dari Sabang sampai Merauke

8.      Berikut ini adalah indikator suasana lingkungan bekerja yang harmonis …

A.    Suasana bekerja tidak bahagia

B.     Kinerja organisasi rendah

C.     Kesempatan belajar dan kontribusi rendah

D.    Seluruh ASN suka saling membantu

 

Jawaban D. Seluruh ASN suka saling membantu

9.      Berikut ini adalah bentuk perilaku dalam kode etik menurut UU Asn yang paling tepat adalah ...

A.    Menjaga kerahasiaan atas seluruh informasi publik

B.     Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien

C.     Membiarkan jika terjadi konflik kepentingan dalam melaksanakan tugasnya

D.    Memberikan informasi yang dapat menyesatkan kepada pihak lain yang memerlukan informasi terkait kepentingan kedinasan

 

Jawaban B. Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien

10.      Tindakan yang KURANG TEPAT dalam perilaku ASN yang bertika adalah ...

A.    Melaksanakan tugasnya dengan cermat

B.     Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan

C.     Loyalitas hanya sebatas menyenangkan pimpinan, atau berusaha memenuhi kebutuhan peribadi pimpinannya

D.    Melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah atasan sejauh tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

 

Jawaban C. Loyalitas hanya sebatas menyenangkan pimpinan, atau berusaha memenuhi kebutuhan peribadi pimpinannya


11.      Tindakan berikut yang dapat dilakukan ASN dalam menunjukkan Sikap adil dan netral, yaitu …

A.    Menjaga rahasia negara

B.     Tidak diskriminatif dalam melayani

C.     Selalu bertindak profesianal

D.    Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan

 

Jawaban B. Tidak diskriminatif dalam melayani

12.      PNS menjadi figur dan teladan di lingkungan masyarakatnya, caranya adalah …

A.    Menjadi bagian dari problem solver (pemberi solusi)

B.     Menjadi bagian dari sumber masalah (trouble maker)

C.     Melakukan tindakan, ucapan, perilaku yang bertentangan dengan norma norma sosial dan susila

D.    Bertindak yang bertentangan dengan agama dan nilai lokal yang berkembang di masyarakat

 

Jawaban A. Menjadi bagian dari problem solver (pemberi solusi)


13.      Dalam rangka mencapai tujuan nasional, diperlukan Aparatur Sipil Negara yang mampu …

A.    Menjalankan roda Pemerintahan

B.     Melaksanakan kewenangannya

C.     Menunaikan hak dan kewajibannya

D.    Mengimplementasikan nilai-nilai berAKHLAK

 

Jawaban D. Mengimplementasikan nilai-nilai berAKHLAK


14.      Berikut ini adalah bentuk kode etik ASN yang tertuang dalam UU ASN, kecuali ...

A.    Melaksanakan tugasnya dengan cermat dan disiplin

B.     Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan

C.     Melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

D.    Menggunakan kekayaan dan barang milik negara untuk keperluan pribadi

 

Jawaban D. Menggunakan kekayaan dan barang milik negara untuk keperluan pribadi

 

15.      Berikut ini adalah bentuk perilaku dalam kode etik menurut UU ASN yang paling tepat adalah …

A.    Menjaga kerahasiaan atas seluruh informasi publik

B.     Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien

C.     Membiarkan jika terjadi konflik kepentingan dalam melaksanakan tugasnya

D.    Memberikan informasi yang dapat menyesatkan kepada pihak lain yang memerlukan informasi terkait kepentingan kedinasan

 

Jawaban B. Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien


16.      Bagi seorang Pegawai Negeri Sipil, kata loyal dapat dimaknai sebagai kesetiaan terhadap …

A.    Pimpinan

B.     Pekerjaan

C.     Profesi

D.    NKRI

 

Jawaban D. NKRI


17.      Nasionalisme dalam konteks loyalitas seorang ASN dapat dimaknai sebagai ...

A.    Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk organisasi.

B.     Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk negara.

C.     Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk organisasi.

D.    Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk negara.

 

Jawaban D. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk negara.

18.      Yang tidak termasuk Panduan Perilaku Loyal dalam Core Values ASN adalah …

A.    Memegang teguh ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah

B.     Melindungi segenap tumpah darah Indonesia dengan integritas dan semangat juang yang tinggi

C.     Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan instansi dan negara

D.    Menjaga rahasia jabatan dan negara

 

Jawaban B. Melindungi segenap tumpah darah Indonesia dengan integritas dan semangat juang yang tinggi

 

19.      Adaptasi dalam business process pemerintahan menjadi penting karena alasan berikut ...

A.    Persaingan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis

B.     Mempertahankan dan meningkatkan kinerja

C.     Bertahan hidup di tengah persaingan dengan pihak lain

D.    Perintah dan mandate dari undang-undang terkait

 

Jawaban B. Mempertahankan dan meningkatkan kinerja


20.      Berikut ini adalah ciri-ciri penerapan budaya adaptif, kecuali …

A.    Memanfaatkan peluang-peluang yang berubah-ubah

B.     Memperhatikan kepentingan-kepentingan yang diperlukan antara instansi mitra, masyarakat dan sebagainya

C.     Mendorong jiwa kewirausahaan

D.    Konsisten dengan keputusan yang sudah diambil sejak awal

 

Jawaban D. Konsisten dengan keputusan yang sudah diambil sejak awal


21.      Pemimpin sebenarnya dalam organisasi adaptif adalah pemimpin yang mampu membawa sesuatu pada organisasi yang dipimpinnya, yaitu …

A.    Perubahan teknis

B.     Perubahan misi

C.     Kemakmuran

D.    Perubahan Adaptif

 

Jawaban D. Perubahan Adaptif


22.      Menghadapi volatility adalah dengan cara menegaskan …

A.    Misi

B.     Visi

C.     Revisi

D.    Remisi

 

Jawaban B. Visi

23.      Kebijakan adaptif dikonseptualisasi oleh elemen kapabilitas system dynamic governance berikut …

A.    Thinking ahead

B.     Thinking along

C.     Thinking again

D.    Thinking across

 

Jawaban B. Thinking along

 

 

 

24.      Karakteristik adaptif dibutuhkan makhluk hidup untuk, kecuali …

A.    Makan dan minum

B.     Menghadapi perubahan

C.     Bertahan hidup

D.    Mengatasi ancaman

 

Jawaban A. Makan dan minum


25.    Pendekatan yang melibatkan sejumlah kelembagaan yang terkait dengan urusan-urusan yang relevan yaitu …

A.    Interagency

B.     Interrelationship

C.     Interconnection

D.    Collaboration

Jawaban A. Interagency

 

26.      Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan dapat menolak memberikan Bantuan Kedinasan apabila dalam kondisi sebagai berikut, kecuali …

A.    Mempengaruhi kinerja Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan pemberi bantuan

B.     Surat keterangan dan dokumen yang diperlukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bersifat rahasia

C.     Ketentuan peraturan perundang-undangan tidak memperbolehkan pemberian bantuan

D.    Belum mendapatkan persetujuan dari DPR

 

Jawaban D. Belum mendapatkan persetujuan dari DPR

 

 

27.      Berikut ini adalah manfaat kolaborasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, kecuali …

A.    Meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan

B.     Terciptanya integrasi antar kebijakan

C.     Menghilangkan silo mentality

D.    Meningkatkan kompetisi antar daerah

 

Jawaban D. Meningkatkan kompetisi antar daerah

 

28.      Berikut adalah situasi yang mencerminkan terlaksananya Whole-of-Government (WoG), kecuali …

A.    Kolaborasi dan integrasi antar instansi pemerintah

B.     Peraturan perundang-undangan yang harmonis

C.     Silo Mentality Aparatur Sipil Negara

D.    Implementasi Squad Team lintas Kementerian dan Lembaga dalam program prioritas pembangunan

 

Jawaban C. Silo Mentality Aparatur Sipil Negara

 

29.      Berikut ini adalah proses kolaboratif, kecuali ...

A.    Face to face dialogue

B.     Trust Building

C.     Win-Win Solution

D.    Commitment to Process

 

Jawaban C. Win-Win Solution

 

 

 

30.      Definisi Whole-of-Government (WoG) adalah ...

A.    Pendekatan penyelenggaraan pemerintahan yang menyatukan upaya-upaya kolaboratif pemerintahan dari keseluruhan sektor dalam ruang lingkup koordinasi yang lebih luas guna mencapai tujuan- tujuan pembangunan kebijakan

B.     Pendekatan yang menjadikan pemerintah bukan merupakan satu-satunya aktor dalam penyelenggaraan publik

C.     Pendekatan dalam studi birokrasi yang mengedepankan efisiensi

D.    Pendekatan penyelenggaraan pemerintah yang mengedapankan kinerja dan pengembangan kompetensi pegawai

 

Jawaban A. Pendekatan penyelenggaraan pemerintahan yang menyatukan upaya-upaya kolaboratif pemerintahan dari keseluruhan sektor dalam ruang lingkup koordinasi yang lebih luas guna mencapai tujuan- tujuan pembangunan kebijakan

 

 

31.      Salah satu penguatan infrastruktur backbone untuk percepatan digital di Indonesia adalah ...

A.    Perluasan kabel serat optik di darat dan laut

B.     Perluasan akses dan infrastruktur digital

C.     Integrasi Pusat Data Nasional

D.    Persiapan kebutuhan SDM

 

Jawaban B. Perluasan akses dan infrastruktur digital

 

32.      Yang dimaksud dengan affordance dalam konteks digital adalah ...

A.    Hambatan dalam akses internet

B.     Kemudahan fitur e-commerce

C.     Kemudahan pada perangkat dan akses internet

D.    Hambatan dalam perangkat dan akses internet

 

Jawaban C. Kemudahan pada perangkat dan akses internet

 

33.      Kompetensi terkait nilai dan tata aturan berperilaku di dunia digital yang positif dan baik menurut Kominfo terkait dengan ...

A.    Digital skills

B.     Digital culture

C.     Digital ethics

D.    Digital safety

 

Jawaban C. Digital ethics

 

34.      Konsep kesenjangan digital pada awalnya meliputi pada hal-hal berikut ini, kecuali ...

A.    Kemampuan memiliki perangkat

B.     Kemampuan pengoperasian perangkat

C.     Kemampuan berbagi pesan digital

D.    Kemampuan mendapat akses dan perangkat

 

Jawaban C. Kemampuan berbagi pesan digital

 

35.      Kegagapan dalam mengoperasikan teknologi digital adalah salah satu ciri dari ...

A.    Digital immigrant

B.     Digital savvy

C.     Digital native

D.    Digital outlaw

 

Jawaban A. Digital immigrant



36.      Beberapa istilah baru terkait perkembangan ICT terkait model pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali ...

A.    Web-school

B.     E-learning

C.     Distance learning

D.    User-generated content

 

Jawaban D. User-generated content

 

37.      Pengamalan sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dalam lingkup literasi digital dalam lanskap digital adalah ...

A.    Non-diskriminatif dalam berinteraksi di dunia digital

B.     Menumbuhkan cinta kepada Indonesia dengan stop hate speech

C.     Memiliki paham multi-perspektif terkait keyakinan users

D.    Menerapkan etiket dan berperilaku baik sebagai warga digital

 

Jawaban D. Menerapkan etiket dan berperilaku baik sebagai warga digital

 

38.      Produksi konten yang berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebaiknya memenuhi karakteristik ...

A.    Terlibat dalam komunitas digital atau kampanye digital yang memperluas jejaring program maupun target sasaran yang beragam

B.     Cinta kasih, kesetaraan, harmoni dalam keberagaman, demokrasi dan kekeluargaan

C.     Penyertaan sikap yang mengamplifikasi pesan, direpresentasikan dalam simbol/emoticon

D.    Jumlah komunitas digital dan atau aktivitas digital yang diinisiasi, dikelola dan dipimpin cukup signifikan

 

Jawaban B. Cinta kasih, kesetaraan, harmoni dalam keberagaman, demokrasi dan kekeluargaan

 

 

39.    Yang mana kah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan?

A.    Menjaga nama baik sesama ASN, Pimpinan, Instansi, dan Negara

B.     Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

C.     Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan

D.    Melakukan perbaikan tiada henti

 

Jawaban B. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

 

40.      Sebutkan yang bukan merupakan fungsi ASN …

A.    Pelaksana kebijakan publik

B.     Pelayan publik

C.     Pengawas kegiatan publik

D.    Perekat dan pemersatu bangsa

 

Jawaban C. Pengawas kegiatan publik


41.      "Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga negara melalui pajak yang mereka bayar" adalah prinsip …

A.    Akuntabel

B.     Berkeadilan

C.     Aksesibel

D.    Efektif dan efisien

 

Jawaban A. Akuntabel

 

42.      Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam konteks tersebut adalah sebagai …

A.    Masyarakat sebagai wajib pajak

B.     Masyarakat sebagai pengawas kinerja pemerintah

C.     Masyarakat sebagai elemen adanya negara

D.    Masyarakat sebagai penerima layanan

 

Jawaban D. Masyarakat sebagai penerima layanan

 

43.      Menurut A. Imanto, siklus layanan dimulai pada saat … dan berakhir pada saat …

A.    Dimulai pada saat konsumen datang ke loket pelayanan dan dan berakhir ketika konsumen/pelanggan pulang

B.     Dimulai saat konsumen/masyarakat menemui kendala dan berakhir ketika keluhannya tertangani

C.     Dimulai saat konsumen/masyarakat memilih jenis layanan dan berakhir setelah menemui petugas pelayanan.

D.    Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan service delivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut diberikan

 

Jawaban D. Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan service delivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut diberikan

 

44.      Tujuan utama dari Nilai Dasar ASN adalah …

A.    Menjadi dasar pembentukan peraturan internal tentang kewajiban masuk kerja

B.     Menjadi pedoman perilaku bagi para ASN dan menciptakan budaya kerja yang mendukung tercapainya kinerja terbaik

C.     Menjadi pertimbangan pimpinan unit kerja dalam menentukan rekanan dalam proyek strategis

D.    Menjadi instrumen pengukuran kinerja ASN oleh masyarakat

 

Jawaban B. Menjadi pedoman perilaku bagi para ASN dan menciptakan budaya kerja yang mendukung tercapainya kinerja terbaik

 

45.      Untuk mewujudkan organisasi publik yang akuntabel harus mengandung mekanisme berikut …

A.    Akuntabilitas kejujuran dan hukum

B.     Akuntabilitas proses dan program

C.     Akuntabilitas kebijakan

D.    Semua jawaban benar

 

Jawaban D. Semua jawaban benar

 

46.      Berikut adalah termasuk Alat Akuntabilitas …

A.    Perencanaan Strategis (Strategic Plans)

B.     Kontrak Kinerja

C.     Laporan Kinerja

D.    Semua jawaban benar

 

Jawaban D. Semua jawaban benar

 

47.      Berikut ini adalah unsur dari Gratifikasi …

A.    Bersifat tanam budi

B.     Tanpa Kesepakatan

C.     Diterima oleh pejabat negara atau pegawai negeri

D.    Semua jawaban benar

 

Jawaban D. Semua jawaban benar

 

48.      Pilihlah pernyataan yang paling tepat …

A.    Integritas adalah nilai yang dapat mengikat setiap unsur pelayan publik secara moral dalam membentengi institusi

B.     Peran Integritas individu lebih penting daripada intervensi melalui sistem kebijakan

C.     Integritas sistem otomatis akan terbentuk dari Integritas individu

D.    Akuntabilitas dan Integritas masyarkat juga menjadi unsur penting terbentuknya pelayanan publik yang baik

 

Jawaban A. Integritas adalah nilai yang dapat mengikat setiap unsur pelayan publik secara moral dalam membentengi institusi

 

49.      Berikut ini adalah termasuk Prinsip Keterbukaan Informasi, kecuali …

A.    Maximum Access Limitite Exemption (MALE), prinsip semua informasi bersifat terbuka dan bisa diakses masyarakat.

B.     Informasi yang dikecualikan adalah informasi yang berpotensi merugikan kepentingan publik dan harus bersifat terbatas dan tidak permanen

C.     Permintaan informasi harus disertai dengan “alasan”

D.    Informasi harus utuh dan benar

 

Jawaban C. Permintaan informasi harus disertai dengan “alasan”

 

 

50.  “Diskresi administrasi menjadi starting point bagi masalah moral dan etika dalam dunia Administrasi Publik (Rohr, 1989 dan Keban, 2008)”, maksud dari “diskresi” adalah …

A.    Bentuk fleksibel aturan yang berlaku

B.     Kebebasan Pejabat dalam mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan sendiri

C.     Keputusan yang disepakati bersama antara pejabar ataupun pemberi layanan dengan masyarakat

D.    Tidak ada jawaban yang benar

 

Jawaban B. Kebebasan Pejabat dalam mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan sendiri

 

 

 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "JAWABAN SOAL EVALUASI MOOC 2024 SEBAGAI REFERENSI BELAJAR"

Post a Comment

Mari budayakan untuk berkomentar!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel